STUDI KASUS APLIKASI TIK (TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI) SEBAGAI MEDIA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH. PESANTREN BARU. ROUDLOTUL MUBTADIIN BALEKAMBANG NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | ASMAWATI, DEDE |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/592/1/131310000258%20Dede%20Asmawati%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/592/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- DedeAsmawati (NIM: 131310000258). “Studi Kasus Aplikasi TIK Dalam Proses Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Prestasi Mata Pelajaran SKI Di Kelas IX Mts. PB Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara”. Skripsi Jepara : program strata I (SI) fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara 2015. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah aplikasi TIK dalam proses belajar – mengajar untuk meningkatkan prestasi mata pelajaran SKI pada siswa kelas IX MTs. PB Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara tahun ajaran 2014/2015. (2) Apakah faktor pendukung dan penghambat aplikasi TIK sebagai media dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan prestasi mata pelajaran SKI. Tujuan penelitian yang penulis lakukan adalah 1. Untuk mengetahui penggunaan TIK dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan prestasi pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas IX Mts. PB Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara. 2 Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Aplikasi TIK dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan prestasi mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas IX Mts.PB. Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian, yang terjadi pada saat sekarang. Dengan menggunakan pola berfikir induktif, yakni berangkat dari fakta-fakta atau peristiwa yang bersifat empiris. Kemudian temuan tersebut di pelajari dan dianalisis sehingga dapat dibuat suatu kesimpulan yang bersifat umum. Dari penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: Aplikasi TIK dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. PB Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara adalah pada bab apresiasi budaya local dan tradisi Islam nusantara. Dengan efektif TIK seperti teknologi komputer, media proyeksi (slide dan film), media grafis (gambar, foto, grafikdll), Internet tersebut pembelajaran SKI dapat berjalan dengan efektif dan tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal karena suasana kelas lebih menyenangkan dan siswa terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Faktor pendukung pelaksanaan aplikasi dalam pembelajaran SKI di MTs. PB Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara antara lain: kompetensi x guru, kelengkapan sarana prasarana dan kesiapansiswa. Faktor penghambat pelaksanaan aplikasi TIK dalam pembelajaran di MTs. PB Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara di antaranya: daya tangkap setiap siswa bervariasi, keadaan kelas yang akan menimbulkan kegaduhan dan juga keterbatasan waktu. Keyword : aplikasi TIK sebagai media pembelajaran SKI