STUDI ANALISIS TENTANG KARAKTER PENDIDIK DALAM AL QUR’AN

Main Author: JAYANTI, JAYANTI
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/583/1/131310000290%20Jayanti%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/583/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Al Qur’an sebagai pendidikan yaitu memberikan bimbingan, arahan, dan pengatur bagi umat manusia. Pendidikan merupakan suatu dasar peningkatan kualitas peradaban manusia pada umumnya. Diantara peran para aktor yang paling vital dalam pendidikan adalah peran se orang pendidik. Pendidik merupakan salah satu komponen yang utama dalam pendidikan diharapkan dapat menjadi sosok pribadi yang memiliki sejumlah kepribadian yang menempatkannya sebagai panutan, teladan terhadap anak didiknya . Oleh karenanya penulis menampi lkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana karakter pendidik yang terdapat dalam Al Qur’a n. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat - sifat atau karakter yang harus dimiliki oleh seorang pendidik yang terkandung di dalam Al Qur’an. J enis penelitian dalam permasalahan yang akan diteliti bersifat kualitatif dimana penelitian kualitataif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata - kata dan bahasa dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Pendekatan penelitian yang digunakan berdasarkan permasalahan yang akan diteliti adalah Grounded Theory atau teori berasal dari data dasar yakni sejumlah data yang banyak dikumpulkan dan yang saling berhubungan untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas. Teknik pengumpulan data berdasarkan penenelitian yang akan dilakukan menggunakan Library Research , yakni membaca dan mengkaji secara mendalam apa yang ada di dalam buku dan membandin gkannya dengan sumber - sumber yang lain. Metode analisis data yang digunakan adalah metode Mawdhu’ i , karena data primer yang dianalisis adalah ayat Al Qur’an dengan teknik analisisnya menggunakan deskriptif induktif . Penelitian ini menghasilkan kesimpulan b ahwa karakter pendidik dalam Al Qur’an mencakup bersifat rabbani , lemah lembut, pemaaf, adil, sabar, komunikatif, dll. Jika dikaitkan secara khusus kepada seorang guru maka akan dijumpai empat kompetensi yang dimiliki oleh pendidik sebagai karakter utama . Kompetensi tersebut adalah k ompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Berdasarkan penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi bagi pendidik baik orangtua, guru maupun orang - orang yang bertanggung jawab dalam mendidik demi terbentuknya pribadi yang berkualitas. Akhirnya semoga bermanfaat.