Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang manajemen KKG dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI di sekolah dasar. Sebagai forum atau wadah komunikasi bagi profesi guru, manajemen organisasi KKG mencakup fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pemantauan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah a) Bagaimana manajemen KKG dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI se-Kecamatan Juwana Kab. Pati?, b) Apa saja strategi yang dilakukan KKG PAI dalam meningkatkan kompetensi profesional guru guru PAI se-Kecamatan Juwana Kab. Pati? Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian survei. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul akan dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen KKG PAI SD Kecamatan Juwana Kab Pati dalam meningkatkan Kompetensi Profesional guru PAI telah memiliki kesesuaian dengan teori manajemen yang telah menerapkan prinsip manajemen meliputi : planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (pelaksanaan) dan controlling (pengawasan). Sehingga pengelolaan manajemen program KKG PAI SD Kecamatan Juwana Kab. Pati sudah relevan terhadap kebutuhan organisasi dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI. Adapun strategi yang dilakukan oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI Kecamatan Juwana Kab. Pati dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI meliputi, peningkatan penguasaan bahan pembelajaran, pembinaan pengelolaan program belajar mengajar, pembinaan pengelolaan kelas, pembinaan penggunaan media dan sumber belajar, peningkatan penguasaan metode dan teknik evaluasi, dan peningkatan komitmen guru terhadap tugas. Berbagai upaya tersebut menunjukkan relevansi yang tinggi terkait peningkatan kompetensi profesional guru PAI SD Kecamatan Juwana.