MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA MADRASAH TSANAWIYAH YPI KLAMBU GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan menganalisis manajemen pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak pada Madrasah Tsanawiyah YPI Klambu Grobogan Tahun Pelajaran 2021/2022. Rumusan masalah dalam penelitian ini terdiri dari: (1) Bagaimana manajemen pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak pada Madrasah Tsanawiyah YPI Klambu Grobogan Tahun Pelajaran 2021/2022? (2) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak pada Madrasah Tsanawiyah YPI Klambu Grobogan Tahun Pelajaran 2021/2022? (3) Bagaimana hasil manajemen pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak pada Madrasah Tsanawiyah YPI Klambu Grobogan Tahun Pelajaran 2021/2022?. Metode penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif deskriftif karena dalam penelitian ini menghasilkan kesimpulan berupa data yang menggambarkan secara rinci, bukan data yang berupa angka-angka. Obyek penelitian ini bertempat di Madrasah Tsanawiyah YPI Klambu Grobogan, Sedangkan subyek penelitian ini adalah wakil kepala madrasah bidang kurikulum, guru mata pelajaran Akidah Akhlak, dan murid Madrasah Tsanawiyah YPI Klambu Grobogan. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya hasil pengumpulan data dianalisis dan dibahas melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini (1) Manajemen pembelajaran akidah akhlak kelas VII di Madrasah Tsanawiyah YPI Klambu Grobogan meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pengawasan dan evaluasi pembelajaran telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (2) Faktor pendukung yang mampu mendorong dalam peningkatan hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di Madrasah Tsanawiyah YPI Klambu Grobogan yaitu mayoritas peserta didik dari kalangan pondok pesantren, tersedianya buku-buku islami diperpustakaan madrasah, adanya pembinaan lewat kultum setiap selesai jamaah sholat dhuhur, adanya kegiatan ekstra keagamaan. Sementara faktor hambatannya kurangnya dukungan wali murit dalam pengawasan pembelajaran dirumah, namun dapat diatasi sehingga tidak menjadi kendala bagi guru pengampu dalam meningkatkan hasil belajar akidah akhlak. (3) Hasil manajemen pembelajaran akidah akhlak yaitu dilihat dari meningkatnya hasil belajar peserta didik akidah akhlak kelas VII Madrasah Tsanawiyah YPI Klambu Grobogan.