PERAN MADRASAH DINIYAH DALAM MENANGGULANGI DEKADENSI MORAL PESERTA DIDIK PESISIR DESA PESAJEN DEMAAN JEPARA (Studi Kasus Di Madin Al-Hidayah Desa Pesajen Demaan Jepara)
Daftar Isi:
- Penelitian ini berdasarkan latar belakang fenomena yang terjadi di Desa Pesajen kemudian dilakukan penggalian data dan didapatkan rumusan sebagai berikut: (1) Bagaimana Peran Madrasah Diniyah dalam Menanggulangi Dekadensi Moral Peserta Didik Pesisir Desa Pesajen Demaan Jepara (Studi Kasus di Madin Al-Hidayah Desa Pesajen Demaan Jepara). (2) Bagaimana Strategi Madin Al-Hidayah untuk Menanggulangi Dekadensi Moral Peserta Didik Pesisir Desa Pesajen Demaan Jepara (Studi Kasus di Madin Al-Hidayah Desa Pesajen Demaan Jepara). (3) Bagaimana Faktor Pendukung dan Penghambat Madrasah Diniyah dalam menjalankan perannya untuk Menanggulangi Dekadensi Moral Peserta Didik Pesisir Desa Pesajen Demaan Jepara (Studi Kasus di Madin Al- Hidayah Desa Pesajen Demaan Jepara). Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Sedangkan metode pengumpulan data yang dipakai yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari analisis yang telah dilakukan peneliti, Didapatkanlah kesimpulan Peran Madrasah Diniyah Dalam Menanggulangi Dekadensi Moral Peserta Didik Pesisir Desa Pesajen Demaan Jepara (Studi Kasus di Madin Al-Hidayah Desa Pesajen Demaan Jepara) yaitu: (1) Pembentukan Karakter Religius; (2) Pembinaan aqidah, syariah dan akhlakul karimah; (3) Pelaksanaan Integrasi kegiatan belajar mengajar; (4) Pembiasaan penerapan hukum syari’ah dan akhlakul karimah. Faktor Pendukungnya ialah : Animo masyarakat masih tinggi dan Kondisi lingkungan pembelajaran yang kondusif. Sedangkan Faktor Penghambatnya yakni: kurangnya interaksi siswa terhadap guru, sarpras yang kurang memadai, dan permasalahan santri selama mengenyam pendidikan di Madin. Solusi atas hambatan tersebut meliputi: mempersiapkan generasi Islami berhablum minannas, mengutamakan pemahaman santri melalui pendalaman materi pembelajaran, membimbing dan membina santri yang bermasalah.