PENINGKATAN KARAKTER KOLABORASI PESERTA DIDIK MELALUI UJI SYARAT KECAKAPAN UMUM PRAMUKA (Studi Kasus Siswa MA Al-Ma’arif Jepara)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ektrakurikuler pramuka di MA Al-Ma’arif Jepara, (2) Untuk mendeskripsikan upaya peningkatan karakter kolaborasi melalui uji SKU bagi siswa di MA Al-Ma’arif Jepara, (3) Untuk mengetahui Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan kegiatan uji SKU di MA Al-Ma’arif Jepara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan yang digunakan adalah studi kasus. Suatu inkuiri empiris yang menyelidiki fenomena dalam konteks tak tampak dan multi sumber bukti dimanfaatkan. Hasil penelitian adalah menunjukkan 1) kegiatan ekstra pramuka di MA Al-Ma’arif Jepara merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti oleh kelas X dan XI. Kegiatannya sudah terprogram dan tersusun dengan baik yang disusun oleh dewan ambalan dan disetujui oleh Pembina. Sehingga bentuk kerja sama atau kolaboratif antar peserta didik dan Pembina berjalan dengan baik dan siswa dapat mengembangkan potensi diri yang dimiliki melalui kegiatan kepramukaan; 2) Pendidikan karakter peserta didik di MA Al-Ma’arif Jepara tidak hanya berasal dari pembelajaran akademik sehari-hari, namun juga dari ekstra pramuka yang diikuti siswa. Nilai-nilai karakter utama yang diperoleh keduanya yaitu nilai disiplin, religius, tanggung jawab dan kerja sama; 3) Faktor Pendukung Adanya dukungan baik secara moral maupun materi dari berbagai pihak, seperti kepala madrasah, waka kesiswaan, pembina dan dewan guru, sarana dan prasarana yang cukup. Faktor penghambat adanya beberapa siswa yang terpaksa mengikuti kegiatan dan adaptasi baru karena adanya pandemi.