Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran tahfidh al-Qur’an di Pondok Pesantren al-Husna Sidomulyo Jekulo Kudus? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tahfidh al-Qur’an bagi santri di Pondok Pesantren al-Husna Sidomulyo Jekulo Kudus? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran tahfidh al-Qur’an dan hasil akhir di Pondok Pesantren al-Husna Sidomulyo Jekulo Kudus? Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran tahfidh al-Qur’an di Pondok Pesantren al-Husna Sidomulyo Jekulo Kudus telah ditentukan sesuai target hafalan minimal yang harus dipenuhi oleh santri. (2) Pelaksanaan pembelajaran tahfidh al-Qur’an di Pondok Pesantren al-Husna Sidomulyo Jekulo Kudus dengan menerapkan bacaan tajwid ghorib tartil dan fasih. Setoran hafalan dilaksanakan satu minggu sekali dan apbila ada yang salah harus mengulangi atau tidak langsung diingatkan tetapi mencari-cari kekurangannya. (3) Evaluasi pembelajaran tahfidh dan hasil akhir bagi santri Pondok Pesantren al-Husna Sidomulyo Jekulo Kudus dilakukan menghafal satu juz bisa setoran tiap bulannya, penilaian akhir semester, dan tahfidh yang dilaksanakan satu tahun dua kali yaitu dengan menyimakkan hafalan yang diperoleh dari juz 30 sampai batas perolehan hafalan santri dengan kriteria kelulusan yang sudah ditetapkan. Setiap santri disimak saat penilaian akhir semester dan dalam satu tahunnya diharuskan hafal sesuai dengan ketentuan. Hasil akhir dari evaluasi pembelajaran tersebut, sebagian besar para santri dapat memenuhi sesuai target yang direncanakan dan santri bisa menghafal dengan lancar dan dikatakan lulus atau naik jus oleh pengasuh pondok pesantren.