Daftar Isi:
  • Penelitian dengan judul “Kontribusi Intensitas Layanan Bimbingan Pribadi Sosial Dan Keteladanan Guru Terhadap Kedisiplinan Siswa MTs Se-Kecamatan Jekulo” bertujuan untuk; Menguji dan menganalisis pengaruh intensitas layanan bimbingan pribadi sosial terhadap kedisiplinan siswa; Menguji dan menganalisis pengaruh keteladanan guru terhadap kedisiplinan siswa, serta pengaruh intensitas layanan bimbingan pribadi sosial dan keteladanan guru secara bersama-sama terhadap kedisiplinan siswa. Metode penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Obyek penelitian bertempat di MTs se-Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus tahun 2020. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya digunakan uji prasyarat analisis, uji hipotesis regresi sederhana dan regresi bivariat. Populasi responden siswa sebanyak 2.644 siswa, sedangkan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel intensitas layanan bimbingan pribadi sosial (X1) berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa (Y) sebesar 56.9%; variabel keteladanan guru (X2) berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa (Y) sebesar 88.2%; variabel intensitas layanan bimbingan pribadi sosial (X1) dan keteladanan guru (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa (Y) sebesar 88.7%.