PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL QUR’AN DAN HADITS SISWA KELAS V MI NU SALAFIYAH GONDOHARUM JEKULO KUDUS
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui penerapan media pembelajaran pop-up book berbasis kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran Al Qur’an dan Hadits Kelas V MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus dan 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Mata Pelajaran Al Qur’an dan Hadits dengan menerapkan media pembelajaran pop-up book berbasis kontekstual Kelas V MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus. Jenis penelitian yang digunakan yaitu field research/penelitian lapangan dengan metode penelitiannya yaitu metode kuantitatif eksperimental dan desain penelitian One-Group Pretest – Postest Design. Penelitian ini hanya memiliki one classes yang akan diberikan pretest dan postest, pretest diujikan sebelum diberikannya perlakuan dan postest diujikan setelah diberikannya perlakuan. Populasi yang diambil yaitu Kelas V MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus, dengan jumlah sampelnya 20 siswa yang terdiri dari 11 siswa dan 9 siswi. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data yakni tes. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa yaitu jenis tes tertulis soal pilihan ganda sejumlah 15 butir soal yang diberikan pada pretest (pra pembelajaran) dan postest (diakhir pembelajaran). Teknik analisis data yang digunakan yaitu ada 3 analisis, 1) analisis pendahuluan, yang terdiri dari 2 pengujian data: a) uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov Smirnov dan b) uji homogenitas menggunakan uji Levene Statistic, 2) analisis hipotesis menggunakan uji-T Paired Samples Test, dan 3) analisis lanjutan. Hasil penelitian yang di dapatkan, melalui penerapan media pembelajaran pop-up book berbasis kontesktual pada pelajaran Mata Pelajaran Al Qur’an dan Hadits, siswa sangat berantusias dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran, siswa menjadi aktif bertanya, memberikan pendapat dalam diskusi, serta memberikan sanggahan. Kemudian semangat dalam belajar dan tidak mengalami kejenuhan mengikuti pembelajaran dikarenakan media dibuat dengan semenarik mungkin. Hasil belajar siswa diketahui terdapat peningkatan hasil belajar yang dibuktikan dari hasil analisis uji-T diperoleh thitung > ttabel yaitu 10,754 > 2,09302 dengan nilai signifikan < 0.05 yaitu .000 < 0.05, yaitu menerima Ha yang artinya terdapat peningkatan hasil belajar Mata Pelajaran Al Qur’an dan Hadits dengan menerapkan media pembelajaran pop-up book berbasis kontekstual Kelas V MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus.