Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam film “Hari yang Dijanjikan” karya Fajar Bustomi. (2) Untuk mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film “Hari yang Dijanjikan” karya Fajar Bustomi jika dikaitkan dalam kehidupan saat ini. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan/library research. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) yaitu penelitian yang bersifat pembahasan mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak dalam media massa. Berdasarkan penggalian data dan analisis, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film “Hari yang Dijanjikan” karya Fajar Bustomi dan implementasinya jika dikaitkan dalam kehidupan saat ini. Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam film “Hari yang Dijanjikan” karya Fajar Bustomi antara lain, yaitu akhlak terhadap Allah berupa taqwa, qana’ah, sabar, dan berdoa, akhlak terhadap sesama manusia berupa ramah, memberi nasihat, sopan santun, menahan amarah, jujur, dermawan, bertamu dan menerima tamu, syaja’ah, tolong menolong, kasih sayang, dan amanah, dan akhlak terhadap diri sendiri, berupa ikhtiar, rajin, dan optimis. Implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film “Hari yang Dijanjikan” karya Fajar Bustomi jika dikaitkan dalam kehidupan saat ini terdiri dari tiga implementasi, yaitu implementasi nilai pendidikan akhlak terhadap Allah, implementasi nilai pendidikan akhlak terhadap sesama manusia, dan implementasi nilai pendidikan akhlak terhadap diri sendiri.