MODEL PENDIDIKAN ISLAM INKLUSIF DI PESANTREN SALAF (Studi Kasus di Pondok Pesantren Asrama Pelajar Islam Matholi’ul Anwar Randusari Tahunan Jepara)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana model pendidikan Islam inklusif di pesantren salaf API Matholi’ul Anwar Randusari Tahunan Jepara dan apa peluang serta tantangan yang diperoleh dalam pendidikan Islam inklusif di pesantren salaf API Matholiu’ul Anwar Randusari Tahunan Jepara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, karena bermaksud menggambarkan, mengungkap dan menjelaskan model pendidikan Islam inklusif di pondok pesantren salaf. Demikian pula dinamakan penelitian deskriptif, karena bertujuan membuat gambaran mengenai situasi atau kejadian. Dalam penelitian ini menggunakan studi lapangan, maka teknik yang penyusun gunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam konteks model pendidikan Islam inklusif di pondok pesantren, pendidikan berwawasan toleransi sesungguhnya telah menjadi pendidikan dasar yang telah diajarkan dalam pondok pesantren salaf API Matholi’ul Anwar Randusari Tahunan Jepara. Pendidikan Islam inklusif diwujudkan dalam bentuk pengajaran materi kewarganegaraan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.