Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini dikarenakan motivasi belajar siswa yang rendah sehingga menyebabkan hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Krapyak pada pembelajaran IPA materi sistem pernapasan manusia sebanyak 60% siswa memperoleh nilai dibawah KKM. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan media pembelajaran yang dimiliki, serta kurangnya sarana prasarana sekolah. Sehingga diperlukan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pembelajaran IPA materi sistem pernapasan manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media Swivel Wheel pada materi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Krapyak. Model penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang dimodifikasi menjadi 8 prosedur pengembangan. Dimana tahapan yang digunakan, yaitu analisis kebutuhan, pengumpulan data, rancangan desain, validasi ahli, revisi produk, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Kelayakan media Swivel Wheel dapat dilihat dari hasil validasi ahli media dan validasi materi yang memperoleh persentase sebesar 93% dengan kriteri sangat layak. Sedangkan efektifitas media diperoleh dari hasil nilai pretest dan posttest pada tahap uji coba produk mengalami peningkatan sebesar 50%. Sedangkan pada uji coba pemakaian hasil pretest dan posttest mengalami peningkatan sebesar 64%. Dari hasil pretest dan posttest tersebut dilakukan uji paired sample t-test dimana hasil uji t-test menunjukkan sig (2-tailed) sebesar 0,000. Maka dapat diinterpretasikan bahwa sig (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan secara signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media Swivel Wheel.