STRATEGI GURU MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DENGAN SISTEM TATAP MUKA SETELAH PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH ALFAIZIN GUYANGAN
Daftar Isi:
- Adanya Corona Virus Disease atau Covid-19 berdampak pada permasalahan dalam kehidupan termasuk dalam dunia pendidikan, dengan diberlakukannya kebijakan pembatasan skala besar maka proses pembelajaran yang biasanya dilakukan di sekolah dapat dilaksanakan secara online. Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui bagaimana strategi guru memotivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dengan sistem tatap muka setelah pembelajaran jarak jauh di kelas XI Madarasah Aliyah Al Faizin Guyangan Bangsri, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dengan sistem tatap muka setelah Pembelajaran Jarak Jauh di kelas XI Madarasah Aliyah Al Faizin Guyangan Bangsri. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis deskriptif dengan analisis logika induksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi guru dalam motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas XI Madrasah Aliyah Al Faizin Guyangan dengan memberikan semangat, apresiasi serta sabar dalam pelaksanaan kegiatan belajar dan menghadapi peserta didik. Selain itu, dalam kegiatan belajar mengajar terdapat faktor yang mendukung dalam Pembelajaran Jarak Jauh diantaranya terdapat fasilitas yang disediakan pihak sekolah seperti laboratorium, jaringan internet serta adanya pelatihan penggunaan aplikasi media online. Sedangkan faktor penghambat dalam proses pembelajaran jarak jauh adalah belum banyaknya peserta didik yang memiliki fasilitas memadai seperti Handphone androit, kuota internet serta perasaan bosan dengan kegiatan belajar mengajar seacara online.