Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan : (1) menganalisis perkembangan pemahaman anak usia 4-5 tahun terhadap perbedaan dalam membaca huruf konsonan di TK TA Sinanggul 06 Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara; (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi pemahaman anak usia 4-5 tahun terhadap perbedaan dalam membaca huruf konsonan di TK TA Sinanggul 06 Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara; (3) menganalisis respon anak terhadap pemahaman perbedaan membaca huruf konsonan pada anak usia 4-5 tahun di TK TA Sinanggul 06 Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa pemahaman perbedaan membaca huruf konsonan anak usia 4-5 tahun di TK TA Sinanggul 06 Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara masih terbolak-balik dan anak masih merasa kebingungan dalam memahami perbedaan setiap huruf konsonan khususnya huruf b dan d. Faktor pendukung dari pemahaman perbedaan membaca huruf konsonan anak usia 4-5 tahun di TK TA Sinanggul 06 Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara yaitu keahlian guru dalam mengajar dan terdapat pelajaran tambahan yang dilakukan setelah jam istirahat dan diluar jam sekolah yakni les. Faktor penghambatnya meliputi kurangnya media pembelajaran atau APE yang digunakan dan kurangnya dukungan dari orang tua.