IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN MARKET DAY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM MANGUN SEJATI BUGEL
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan : (1) menganalisis implementasi program pembelajaran market day dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di TK Islam Mangun Sejati Bugel; (2) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan program pembelajaran market day dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di TK Islam Mangun Sejati Bugel. Penelitian ini menggunakan metode peelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa implementasi program pembelajaran market day dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di TK Islam Mangun Sejati Bugel dalam proses pelaksanaan kegiatannya terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan evaluasi. Kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun dalam implementasi program pembelajaran market day sudah sangat baik dan berjalan efektif, selain kemampuan berhitung aspek perkembangan lain juga dapat dikembangkan dalam program pembelajaran market day yaitu dapat mengembangkan jiwa kreatif dan inovatif, penuh percaya diri, memiliki jiwa kepimpinan, berani mengambil resiko, bertangggung jawab, bekerja sama dan memiliki inisiatif. Faktor pendukung dari implementasi program pembelajaran market day dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di TK Islam Mangun Sejati Bugel yaitu peran dan antusias siswa, dukungan dan kerjasama orang tua dan keahlian guru dalam mengajar. Faktor penghambatnya meliputi kondisi cuaca yang tidak menentu, kemampuan berhitung anak yang berbeda, dan sikap anak yang terlalu pasif.