ANALISIS IMPLEMENTASI 9 PILAR PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI INTRAKURIKULER MUHADLARAH (Studi Kasus Kelas XI di MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi 9 pilar pendidikan karakter melalui intrakurikuler Muhadlarah di MA Matholi’ul Huda Troso, mengetahui bagaimana hasil implementasi 9 pilar pendidikan karakter melalui intrakurikuler Muhadlarah di MA Matholi’ul Huda Troso dan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi 9 pilar pendidikan karakter melalui intrakurikuler Muhadlarah di MA Matholi’ul Huda Troso. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru pembimbing Muhadlarah dan peserta didik kelas XI MA Matholi’ul Huda Troso. Hasil dari analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: 1) Implementasi 9 pilar pendidikan karakter melalui intrakurikuler Muhadlarah dilakukan melalui pembukaan, pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an dan terjemahnya, menyanyikan nasyid atau sholawat nabi, penampilan orator beserta penanggapnya, evaluasi, pembacaan tugas minggu depan dan penutup. 2) Hasil implementasi 9 pilar pendidikan karakter melalui intrakurikuler Muhadlarah mengalami perubah yang positif, dilihat dari hasil nilai raport Muhadlarah peserta didik dan berdasarkan hasil angket yang telah dibagikan kepada 51 responden. 3) Faktor pendukung dalam implementasi 9 pilar pendidikan karakter melalui intrakurikuler Muhadlarah di MA Matholi’ul Huda Troso: semangat peserta didik yang tinggi, kompetensi pendidik yang baik, lingkungan yang sangat mendukung dan fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya: penampilan peserta didik yang kurang maksimal dan karakter guru pembimbing Muhadlarah yang berbeda-beda.