Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi Pondok Pesantren Nurul Huda dalam mendidik santri milenial di er 5.0. Apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi Pondok Pesantren Nurul Huda dalam mendidik santri milenial di era 5.0. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Strategi Pondok Pesantren dalam mendidik santri milenial di era 5.0 yaitu 1) Strategi pengembangan pendidikan pada Pondok Pesantren Nurul Huda Tegalsambi. 2) Penggelolaan Kurikulum 3) Strategi peningkatan sumber daya pesantren. Adapun faktor pendukung dan penghambat strategi pondok pesantren dalam mendidik santri milenial di era 5.0 yaitu 1) Faktor internal, Jika dilihat dari sisi internal, faktor pendukung dari jalannya strategi pondok pesantren dalam mendidik santri milenial di era 5.0 antara lain yaitu kinerja dari pengurus, ustad dan ustadzahnya, keunggulan dari kurikulum yang ada, biaya pendidikan yang masih terjangkau, dan semangat para santri. 2) Faktor eksternal; Dukungan dari wali santri, Dukungan dari masyarakat, dan Letak geografis yang strategis. Adapun juga faktor penghambat dalam menjalankan strategi Pondok Pesantren Nurul Huda Tegalsambi yaitu 1) Faktor internal; Kurangnya lahan untuk perluasan lembaga, Kurangnya biaya, Kurang lengkapnya sarana prasarana. 2) Faktor eksternal; Kurangnya dukungan dari masyarakat sekitar, Kompetisi antar lembaga pendidikan