Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Teks Narasi Melalui Role Play Combined With Puppet (Penelitian True Experimental Pada Siswa Kelas X MA Darul Hikmah Menganti). Ada beberapa siswa yang tidak kompeten dalam berbicara, Ada banyak masalah yang kami temukan di kelas berbicara, terutama dalam percakapan menggunakan frase kata benda. Para siswa merasa sulit untuk memulai mengucapkan kata dalam bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan guru sebagai pusat pembelajaran. Kemudian, guru hanya fokus menggunakan buku pegangan dalam proses pembelajaran. Masalah lainnya adalah guru tidak memberikan contoh latihan kepada siswa tentang percakapan menggunakan frase kata benda. Untuk mengatasi masalah di atas, siswa memerlukan suatu teknik dan juga media untuk membantu mereka lebih aktif dalam berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi siswa sebelum dan sesudah penerapan metode role lay kombinasi dengan media boneka dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Peneliti menggunakan penelitian eksperimen sejati dengan rancangan pretest and posttest control group design. Peneliti menggunakan teknik random sampling dan melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang terdiri dari 24 siswa dari XIPA1 dan kelas kontrol yang terdiri dari 24 siswa dari X IPS 2. Ada pengaruh yang signifikan perbedaan nilai siswa dari pretest ke posttest. Nilai rata-rata di kelas eksperimen untuk pretest adalah 57,25 dan posttest adalah 72,67. Untuk kelas kontrol, nilai median untuk pretest adalah 60,00 dan posttest adalah 60,00. Hasil uji-t dalam penelitian ini adalah untuk t-amati 0,4922>t-tabel 0,284 dengan derajat bebas ( df) 48 pada nilai signifikansi 0,05. Kesimpulan penelitian berdasarkan penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, peneliti menemukan bahwa siswa memiliki perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest (sebelum dan sesudah diberikan perlakuan) dan penerapan role-play combine. Media wayang kulit efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam teks naratif.