PENGARUH PERSEPSI PROMOSI, FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS WELAHAN 1 JEPARA
Main Author: | SUPRIJOGO, SUPRIJOGO |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/509/1/judul%20dan%20halaman%20depan.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/509/2/BAB%20I.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/509/3/BAB%20II%20.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/509/4/BAB%20III.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/509/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/509/6/BAB%20V.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/509/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Setiap puskesmas yang berorientasi menjadi service business selalu ingin mengoptimalkan kualiatas pelayanan untuk memuaskan konsumennya. Salah satu strategi peningkatan kualitas pelayanan tersebut adalah melakukan pengukuran persepsi pasien terhadap tingkat kualitas pelayanan pukesmas yang selama ini dirasakan oleh pasien. Puskesmas Welahan 1 Jepara selalu berusaha meningkatkan mutu pelayanan yang berorientasi kepada kepuasan pasien agar dapat bersaing secara sehat dengan puskesmas lainnya dengan cara selalu berusaha memberikan pelayanan dengan mutu yang lebih baik, pelayanan yang lebih cepat dan lebih baik serta harga yang kompetitif. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menguji pengaruh persepsi tentang promosi terhadap kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Welahan 1 Jepara, 2) Menguji pengaruh persepsi tentang fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Welahan 1 Jepara, 3) Menguji pengaruh persepsi tentang kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Welahan 1 Jepara, 4) Menguji pengaruh simultan persepsi tentang promosi, fasil itas, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Welahan 1 Jepara. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Jenis dan sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Jumlah populasi sebanyak 125 pasien rawat inap pada bulan Pebruari 2013, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling, dengan sampel berjumlah 100 pasien. Sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan metode survey yang menggunakan kuesioner. Metode pengolahan data meliputi: editing, coding, scoring, tabulating. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, diketahui bahwa koefisien determinasi yang dinotasikan dengan R 2 besarnya 0.858, ini berarti variabel kepuasan pasien dapat dijelaskan oleh variabel promosi (X1), fasilitas (X2), dan kualitas pelayanan (X3) yang diturunkan dalam model sebesar 85,8%. 2) Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, diperoleh persamaan regresi Y = 0.955+0.337X1 + 0.56 X2+ 0.607X3+e, 3) Berdasarkan hasil analisis uji t, diperoleh nilai t hitung untuk promosi (X1) sebesar 8.603 dan variabel kualitas pelayanan (X2) sebesar 2.843, dan variabel kualitas pelayanan (X3) sebesar 19.636 sedangkan nilai t tabel sebesar 2,000. Jadi nilai t hitung variabel bebas adalah lebih besar dari nilai t tabel . Dengan demikian dapat diputuskan bahwa Ho ditolak dan H a diterima.