Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pengetahuan, Kualitas Produk dan kualitas pelayanan anggota berpengaruh terhadap Loyalitas Anggota di BMT Lumbung Artho Sinanggul dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pengetahuan, Kualitas Produk dan kualitas pelayanan anggota berpengaruh terhadap Loyalitas Anggota di BMT Lumbung Artho Sinanggul. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada responden. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data kepustakaan. Instrument yang digunakan adalah kuesioner tertutup dengan skala Likert. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 92 anggota aktif dengan teknik pengumpulan data Sampling menggunakan rumus slovin yang mengukur sampelnya didasari atas kesalahan 10% dengan kepercayaan 90% terhadap populasi. Teknik analisis data dalam uji Validitas menggunakan corrected item-total correlation, uji reliabilitas menggunakan Croanbach Alpha, uji normalitas menggunakan uji KolmogrovSmirnov. Sedangkan Uji Hipotesis menggunakan Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukan, variabel Pengetahuan, Kualitas Produk dan kualitas pelayanan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Anggota, secara individu (parsial) variabel Pengetahuan, Kualitas Produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap Loyalitas Anggota, dan Variabel Pengetahuan, Kualitas Produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap Loyalitas Anggota sebesar 60,6%% sedangkan sisanya 39,4% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian.