PENGARUH GAME ONLINE (Mobile Legend) TERHADAP AKHLAK REMAJA KEPADA ORANG TUA PADA KELAS XI DI MA MATHOLI’UL HUDA BUGEL KEDUNG JEPARA
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh penurunan akhlak yang terjadi akibat pengaruh dari game online, salah satunya yang bernama Mobile Legend. Game ini banyak dimainkan oleh para remaja dan dewasa terutama di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh game online (Mobile Legend) terhadap akhlak remaja kepada orang tuanya pada kelas XI di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara, dengan mengambil sampel Responden melalui peserta didik kelas XI IPA 2 dan XI IPS 2 sebanyak 42 Responden. Jumlah sampel tersebut diambil dari peserta didik yang bermain gamenya pada kelas tersebut. Variabel Independen penelitian ini adalah Pelaksanaan game online (Mobile Legend) (X) serta variabel Dependennya yaitu akhlakul karimah remaja kepada orang tuanya (Y). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel pelaksanaan game online (Mobile Legend) pada kelas XI di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara dikategorikan sangat tinggi karena nilai rata-rata 35,8 dengan interval 33-39. Sedangkan variabel akhlakul karimah remaja kepada orang tuanya pada kelas XI di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara dikategorikan sangat tinggi karena nilai rata-rata 24,1 dengan interval 23-26. Hipotesis yang digunakan yaitu dengan rumus regresi linier sederhana memiliki nilai F hitung = 19,045 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan kata lain adanya pengaruh game online (Moble Legend) (X) terhadap akhlakul karimah remaja kepada orang tuanya (Y). Selain itu diketahui pula seberapa kuat pengaruh variabel X terhadap variabel Y dengan melihat nilai R Square sebesar 0,323, jika dipresentasekan sebesar 32,3%.