ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN IB AMANAH TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH DI BANK JATENG UUS CABANG SYARIAH KUDUS
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk tabungan IB Amanah tahun 2019-2021 telah meningkatkan jumlah nasabah, kendala-kendala apa saja dalam strategi pemasaran produk tabungan IB Amanah untuk meningkatkan jumlah nasabah, dan bagaimana strategi pemasaran terhadap produk tabungan IB Amanah tahun 2022 di Bank Jateng UUS Cabang Syariah Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (fieled research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk tabungan IB Amanah tahun 2019-2021 terhadap peningkatan jumlah nasabah di Bank Jateng UUS Cabang Syariah Kudus menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) 7P yang terdiri dari: product, price, place, promotion, people, process, physical evidence. Penerapan strategi pemasaran menggunakan bauran pemsaran 7P dapat dikatakan berhasil meningkatkan jumlah nasabah yang menggunakan produk tabungan IB Amanah setiap tahunnya. Salah satu kendala dalam melakukan strategi pemasaran produk tabungan IB Amanah Bank Jateng UUS Cabang Syariah Kudus kurangnya sarana strategi promosi melalui media elektronik dan maraknya persaingan melalui produk-produk yang diciptakan oleh perusahaan lain. Bank Jateng UUS Cabang Syariah Kudus tahun 2022 akan menambah strategi promosi dengan membagikan voucher belanja atau hadiah menarik agar dapat menarik minat nasabah dan mempertahankan nasabah yang menggunakan produk-produk Bank Jateng UUS Cabang Syariah Kudus.