Daftar Isi:
  • Pembiayaan Murabahah (Beli Motor) merupakan salah satu produk pembiayaan unggulan yang ditawarkan di BMT Al Hikmah Semesta cabang Pecangaan dan diminati oleh anggota BMT yang terlihat meningkat setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Strategi pemasaran produk pembiayaan Murabahah. (2) Faktor yang menyebabkan anggota BMT Al-Hikmah Semesta Cabang Pecangaan memilih pembelian Motor di BMT Al-Hikmah Semesta. Jenis penelitian ini merupakan lapangan (field research). Sumber data primer dengan wawancara kepada 5 anggota, marketing, dan manajer BMT Al-Hikmah Semesta Cabang Pecangaan dan sekunder yang diperoleh melalui buku, jurnal, dan hasil observasi. Sedangkan pada analisis data menggunakan metode analisis deskriptif bersifat kualitatif. Hasilnya menjelaskan bahwa strategi pemasaran pembiayaan Murabahah (beli motor) pada BMT Al-Hikmah Semesta Cabang Pecangaan menggunakan cara prospecting, approaching, presentasi, handling objection, clossing deal. Tetapi, ada salah satu anggota yang tidak sesuai dengan strategi yang diterapkan oleh BMT Al-Hikmah Semesta, anggota tersebut datang langsung dan berkonsultasi ke kantor BMT Al-Hikmah Cabang Pecangaan. Dalam faktor penyebab anggota BMT Al-Hikmah Semesta Cabang Pecangaan memilih pembelian Sepeda Motor di BMT Al-Hikmah adalah karena adanya diskon, tidak ada kifarat, barang jelas, transaksi jelas, dan bisa diwakilkan.