ctrlnum 4986
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4986/</relation><title>PENGARUH MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP&#xD; PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI KECEPATAN KELAS V SDN 2 SUKOSONO KEDUNG JEPARA</title><creator>FITRI WIDYANINGSIH, 181330000219</creator><subject>371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran</subject><subject>372.7 Berhitung untuk Pendidikan Dasar</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru ketika menjelaskan dan memberi contoh soal peserta didik sudah mengerti, tetapi saat diberikan contoh yang lain mereka akan mengalami kesulitan dalam mengingat materi karena pemahaman konsep matematika masih rendah di bawah KKM. Kurangnya waktu dalam kegiatan pembelajaran dan guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui mengetahui proses pembelajaran matematika sebelum dan sesudah serta pengaruh model Numbered Heads Together (NHT) terhadap pemahaman konsep matematika kelas V SDN 2 Sukosono Kedung Jepara.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-Experimental One-Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 2 Sukosono kedung jepara. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 kali pertemuan, yaitu 1 kali pretest, 3 kali pemberian perlakuan, dan 1 kali posttest. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal pretest dan posttest yang berjumlah 25 butir soal. Teknik analisis data menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics versi 25 yang meliputi uji coba instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis. &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model Numbered Heads Together (NHT) terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik menunjukkan adanya perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pretest menunjukkan nilai rata-rata 53,29 sedangkan nilai rata-rata posttest 77,74, kenaikan hasil tes pemahaman konsep peserta didik yaitu 24,46. Hal ini diperkuat dengan uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000 &lt; 0,05 dengan nilai thitung sebesar 24,944 &gt; 2,044. Uji hipotesis analisis regresi sederhana yaitu nilai signifikan 0,000 &lt; 0,05 dengan perolehan nilai R Square sebesar 59,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Numbered Heads Together (NHT) terhadap pemahaman konsep matematika materi kecepatan kelas V SDN 2 Sukosono Kedung Jepara.</description><date>2023-01-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4986/1/181330000219_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4986/2/181330000219_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4986/3/181330000219_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4986/4/181330000219_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4986/5/181330000219_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4986/6/181330000219_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4986/7/181330000219_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4986/8/181330000219_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> FITRI WIDYANINGSIH, 181330000219 (2023) PENGARUH MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI KECEPATAN KELAS V SDN 2 SUKOSONO KEDUNG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA. </identifier><recordID>4986</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author FITRI WIDYANINGSIH, 181330000219
title PENGARUH MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI KECEPATAN KELAS V SDN 2 SUKOSONO KEDUNG JEPARA
publishDate 2023
isbn 181330000219
topic 371.3 Metode Belajar Mengajar
Media Pembelajaran
372.7 Berhitung untuk Pendidikan Dasar
url http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4986/1/181330000219_COVER.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4986/2/181330000219_BAB%20I.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4986/3/181330000219_BAB%20II.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4986/4/181330000219_BAB%20III.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4986/5/181330000219_BAB%20IV.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4986/6/181330000219_BAB%20V.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4986/7/181330000219_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4986/8/181330000219_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4986/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru ketika menjelaskan dan memberi contoh soal peserta didik sudah mengerti, tetapi saat diberikan contoh yang lain mereka akan mengalami kesulitan dalam mengingat materi karena pemahaman konsep matematika masih rendah di bawah KKM. Kurangnya waktu dalam kegiatan pembelajaran dan guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui mengetahui proses pembelajaran matematika sebelum dan sesudah serta pengaruh model Numbered Heads Together (NHT) terhadap pemahaman konsep matematika kelas V SDN 2 Sukosono Kedung Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-Experimental One-Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 2 Sukosono kedung jepara. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 kali pertemuan, yaitu 1 kali pretest, 3 kali pemberian perlakuan, dan 1 kali posttest. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal pretest dan posttest yang berjumlah 25 butir soal. Teknik analisis data menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics versi 25 yang meliputi uji coba instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model Numbered Heads Together (NHT) terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik menunjukkan adanya perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pretest menunjukkan nilai rata-rata 53,29 sedangkan nilai rata-rata posttest 77,74, kenaikan hasil tes pemahaman konsep peserta didik yaitu 24,46. Hal ini diperkuat dengan uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan nilai thitung sebesar 24,944 > 2,044. Uji hipotesis analisis regresi sederhana yaitu nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan perolehan nilai R Square sebesar 59,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Numbered Heads Together (NHT) terhadap pemahaman konsep matematika materi kecepatan kelas V SDN 2 Sukosono Kedung Jepara.
id IOS3407.4986
institution Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
institution_id 462
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNISNU Jepara
library_id 498
collection Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara Repository
repository_id 3407
subject_area Agama
Akuntansi
Arsitektur
city JEPARA
province JAWA TENGAH
repoId IOS3407
first_indexed 2023-03-21T00:56:23Z
last_indexed 2023-03-21T00:56:23Z
recordtype dc
_version_ 1764485513700442112
score 17.538404