ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Rumah Makan Pandan Sari, Pantai Empu Rancak Japara)

Main Author: KHOIRIYATUN, RANI
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/498/1/cover.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/498/2/Skripsi%20Revisi%20finish1%28PDF%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/498/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan bisnis rumah makan. Persaingan yang semakin ketat tersebut ditandai dengan semakin banyaknya rumah makan dijepara. Pelayanan dan harga yang ditawarkan pun beraneka macam, dengan begitu akan menjadi ciri dan keunggulan tersendiri bagi setiap rumah makan. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah “apakah kualitas produk, kualitas layanan dan lokasi pada rumah makan pandan sari, panta empu rancak jepara dapat mempengaruhi keputusan pembelian”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas layanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian (studi pada rumah makan pandan sari, pantai empu rancak). Penelitian ini dilakukan pada konsumen yang berlangganan dirumah makan pandan sari, pantai empu rancak. Data yang dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 96 responden dengan menggunakan teknik non probability sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif, analisis kuantitaif meliputi : uji reliabilitas, uji validitas, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis uji f dan uji t, analisis koefisien determinasi (R 2 ). Dari analisi regresi diperoleh persamaan Y= 979 + 527 X1 + 133 X2 + 145 X3 dimana variabel keputusan pembeliab (Y), pengujian hipotesis menggunaka uji F dapat diketahui bahwa seluruh variabel independent layak untuk menguji variabel keputusan pembelian. Kemudian melalui uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel independent yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependent keputusan pembelian. Angka adjusted R square sebesar 0,499% yang menunjukkan bahwa 49,9% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independent. Sedangkan sisanya sebesar 50,1% dijelaskan faktor lain, diluar model yang digunakan dalam penelitian ini.