THE EFFECTIVENESS OF PODCAST-BASED LISTENING LEARNING MEDIA FOR 9TH GRADE STUDENTS OF SMP N 5 JEPARA IN THE 2022/2023 ACADEMIC YEAR
ctrlnum |
4976 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4976/</relation><title>THE EFFECTIVENESS OF PODCAST-BASED LISTENING LEARNING MEDIA FOR 9TH GRADE STUDENTS OF SMP N 5 JEPARA IN THE 2022/2023 ACADEMIC YEAR</title><creator>ANDRA ANDRIAWAN, 181320000374</creator><subject>424 Listening</subject><description>Salah satu keterampilan yang harus dikuasai siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah keterampilan menyimak. Sebagian besar siswa mengalami kesulitan karena kekurangan kosa kata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan penggunaan podcast terhadap keterampilan menyimak siswa kelas 9 SMP N 5 Jepara tahun ajaran 2022/2023.

Peneliti menggunakan desain eksperimen semu yang melibatkan 30 siswa 9H sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa 9G sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes menyimak yang terdiri dari pre-test dan post-test. Kemudian, teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti adalah purposive sampling. Selanjutnya analisis data menggunakan perhitungan statistik SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (86,9 > 78,9). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil post test. Kemudian, hasil analisis hipotesis menunjukkan bahwa thitung lebih tinggi dari ttabel yaitu (4,176 > 2,000). Selain itu, 2 tailed sig lebih rendah dari alpha (0,00 <0,05). Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil tersebut, terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan podcast terhadap keterampilan menyimak siswa.</description><date>2022-11-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4976/1/181320000374_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4976/2/181320000374_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4976/3/181320000374_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4976/4/181320000374_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4976/5/181320000374_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4976/6/181320000374_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4976/7/181320000374_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4976/8/181320000374_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> ANDRA ANDRIAWAN, 181320000374 (2022) THE EFFECTIVENESS OF PODCAST-BASED LISTENING LEARNING MEDIA FOR 9TH GRADE STUDENTS OF SMP N 5 JEPARA IN THE 2022/2023 ACADEMIC YEAR. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA. </identifier><recordID>4976</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
ANDRA ANDRIAWAN, 181320000374 |
title |
THE EFFECTIVENESS OF PODCAST-BASED LISTENING LEARNING MEDIA FOR 9TH GRADE STUDENTS OF SMP N 5 JEPARA IN THE 2022/2023 ACADEMIC YEAR |
publishDate |
2022 |
isbn |
181320000374 |
topic |
424 Listening |
url |
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4976/1/181320000374_COVER.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4976/2/181320000374_BAB%20I.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4976/3/181320000374_BAB%20II.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4976/4/181320000374_BAB%20III.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4976/5/181320000374_BAB%20IV.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4976/6/181320000374_BAB%20V.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4976/7/181320000374_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4976/8/181320000374_LAMPIRAN.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4976/ |
contents |
Salah satu keterampilan yang harus dikuasai siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah keterampilan menyimak. Sebagian besar siswa mengalami kesulitan karena kekurangan kosa kata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan penggunaan podcast terhadap keterampilan menyimak siswa kelas 9 SMP N 5 Jepara tahun ajaran 2022/2023.
Peneliti menggunakan desain eksperimen semu yang melibatkan 30 siswa 9H sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa 9G sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes menyimak yang terdiri dari pre-test dan post-test. Kemudian, teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti adalah purposive sampling. Selanjutnya analisis data menggunakan perhitungan statistik SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (86,9 > 78,9). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil post test. Kemudian, hasil analisis hipotesis menunjukkan bahwa thitung lebih tinggi dari ttabel yaitu (4,176 > 2,000). Selain itu, 2 tailed sig lebih rendah dari alpha (0,00 <0,05). Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil tersebut, terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan podcast terhadap keterampilan menyimak siswa. |
id |
IOS3407.4976 |
institution |
Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara |
institution_id |
462 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UNISNU Jepara |
library_id |
498 |
collection |
Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara Repository |
repository_id |
3407 |
subject_area |
Agama Akuntansi Arsitektur |
city |
JEPARA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3407 |
first_indexed |
2023-03-21T00:56:23Z |
last_indexed |
2023-03-21T00:56:23Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764485513660596224 |
score |
17.538404 |