Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tabungan haji merupakan tabungan yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melaksanakan haji. Haji merupakan rukun Islam yang ke lima. Strategi marketing mix 7P merupakan strategi pemasaran yang mengkombinasikan beberapa elemen yang bertujuan untuk memuaskan konsumen. Jumlah nasabah tabungan haji di Bank Syariah Indonesia KCP Jepara Pemuda 1 bersifat fluktuatif pada tahun 2019-2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing mix 7P yang diterapkan pada produk tabungan haji di Bank Syariah Indonesia KCP Jepara Pemuda 1 serta kendala dan solusi dalam penerapan strategi marketing mix 7P pada produk tabungan haji di Bank Syariah Indonesia KCP Jepara Pemuda 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, jenis penelitian lapangan (field research). Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data (penyajian data), serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa, pertama, Bank Syariah Indonesia telah menerapkan strategi marketing mix 7P yang terdiri atas produk, harga, tempat, promosi, proses, orang dan bukti fisik. Namun dalam penerapannya Bank Syariah Indonesia KCP Jepara Pemuda 1 masih mengalami beberapa kendala. Kedua, kendala dalam penerapan strategi marketing mix 7P pada produk tabungan haji di Bank Syariah Indonesia KCP Jepara Pemuda 1, yaitu: persaingan usaha dari bank syariah lain, masa tunggu keberangkatan haji yang cukup lama, serta tempat parkir yang kurang memadai. Adapun solusi untuk mengatasi kendala tersebut yaitu meningkatkan pelayanan, meningkatkan kegiatan sosialisasi kepada para calon nasabah haji, melakukan metode cross selling, strategi pemasaran jemput bola, merencanakan kerjasama dengan KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) dan Kementrian Agama Kabupaten Jepara untuk meningkatkan penjualan produk tabungan haji di Bank Syariah Indonesia KCP Jepara Pemuda 1.