PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PADA KSPPS BERKAH ABADI GEMILANG DI CABANG UTAMA TROSO
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan kepercayaan terhadap loyalitas anggota pada KSPSS Berkah Abadi Gemilang di Cabang Utama Troso. Pengujian hipotesis dilakukan uji parsial atau uji t kualitas layanan terhadap loyalitas anggota. kualitas layanan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota. Sehingga hasil hipotesis H1 kualitas layanan (X1) diterima. Pengujian hipotesis dilakukan uji parsial atau uji t kepercayaan terhadap loyalitas anggota. kepercayaan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota. Sehingga hasil hipotesis H2 kepercayaan (X2) diterima. Pengujian hipotesis dilakukan uji simultan atau uji F kualitas layanan dan kepercayaan terhadap loyalitas anggota. kualitas layanan dan kepercayaan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota. Sehingga hasil hipotesis H3 kualitas layanan dan kepercayaan (X3) diterima. Hasil penelitian diketahui bahwa anggota berpendapat kualitas pelayanan, kepercayaan yang dirasakan sebanding dengan harga yang ditawarkan dan sesuai dengan harapan anggota. Hal ini perlu bagi koperasi mempertahankan hal tersebut. Kualitas pelayanan dan kepercayaan yang ada telah diterima oleh anggota sehingga koperasi harus tetap bisa menjaga dan meningkatkan kualitas layanan dan kepercayaan agar para anggota pada tetap bersikap loyalitas dengan koperasi.