ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR EKUITAS MEREK BLACKBEERRY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE (Studi Pada Mahasiswa STIENU Jepara)
Main Author: | ISNAINI, NUR SITI |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/491/1/cover%20pdf.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/491/2/new%20sonia%20sekripsi%20%28%206%20febuari%202013%29%20pdf.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/491/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena pesaing berbagai merek produk handphone Blackberry. Banyaknya merek handphone yang bermunculan sekarang ini menawarkan berbagai pilihan bagi konsumen. Handphone Blackberry telah mengalami peningkatan jumlah penjualan ditahun 2010 dan tahun 2011. Blackberry merupakan produk smartphone yang fenomenal tidak hanya di indonesia tetapi juga didunia. Adapun masalah penelitian adalah “ apakah faktor-fakor ekuitas merek pada produk handphone Blackberry dapat mempengaruhi keputusan pembelian”. Penelitian ini secara khusus menguji faktor-faktor ekuitas merek yaitu terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian handphone Blackberry. Penelitian ini dilakukan pada konsumen atau pemilik handphone Blackberry di STIENU jepara, data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 86 responden dengan menggunakan teknik porposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi berganda, analisis koefisien determinasi (R2), pengujian hipotesis t, uji f. Angka adjusted R square sebesar 4,86 %, yang menunjukkan bahwa 0,486% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh keempat variabel independent dan persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 5,14% dijelskan oleh faktor-faktor lain diluar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Dari analisis regresi diperoleh persamaan Y = 0,215 X1 + 0,442 X2 + 0,363 X3 + 0,149 X4 dimana variabel keputusan pembelian (Y), Kesadaran merek (X 1 ), Asosiasi merek (X2), persepsi kualitas(X 3), loyalitas merek (X 4 ) Yaitu variabel asosiasi merek (X2 ) yang koefisiennya sebesar 0,442. Untuk urutan kedua diikuti oleh variabel persepsi kualitas(X 3 ) dengan koefisien sebesar 0,363. Selanjutnya diikuti oleh variabel kesadaran merek (X 1 ) dengan koefisien sebesar 0,215. Untuk variabel independen yang mempunyai pengaruh kecil adalah variabel loyalitas merek (X4 ) dengan koefisien sebesar 0,149. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa keempat variabel independent yang di teliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependent keputusan pembelian. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa seluruh variabel independent menang layak untuk menguji variabel keputusan pembelian.