Daftar Isi:
  • Masakan Indonesia adalah salah satu tradisi kuliner yang sangat kaya di alam dan penuh dengan cita rasa yang kuat. Kekayaan jenis masakan Indonesia adalah cermin keberagaman budaya dan tradisi Nusantara. Salah satu rumah makan yang menyajikan masakan nusantara sejak tahun 1958 adan rumah makan H. Ismun, dimana sekarang dikelola oleh generasi kedua dan sudah memiliki 7 cabang rumah makan. Rumah makan H. Ismun yang menerapkan konsep pemasaran perlu mencermati perilaku konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembeliannya dalam usaha-usaha pemasaran sebuah produk yang dilakukan. Keputusan pembelian konsumen sendiri dipengaruhi banyak faktor, diantaranya citra merek dan kualitas produk. Jenis penelitian ini yakni kuantitatif, populasi konsumen yang berkunjung pada rumah makan H. Ismun 1 yang jumlahnya tidak diketahui, adapun sampel yang diambil dari populasi berjumlah 96 yang ditentulam menggunakan rumus rao purba untuk pengambilan sampel menggunkan teknik Probability Sampling dengan menggunakan metode simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada responden, untuk pengolahan data menggunakan alat SPSS versi 23. Analisis yang digunakan uji instrument, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda uji hipotesis dan uji determinasi. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwasannya citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan hasil uji t hitung 2,990 > t tabel 1,986 dan nilai signifikan 0,004 > 0,025. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan hasil uji t hitung 4,382 > t tabel 1,986 dan nilai signifikan 0,000 > 0,025. citra merek dan kualitas produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai F hitung 36,722 > F tabel 3,10 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05