Daftar Isi:
  • Kegiatan penawaran saham perdana sering ditemui fenomena underpricing dimana harga saham yang ditawarkan lebih rendah dari harga penutupannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel reputasi underwriter, persentase penawaran saham, dan financial leverage terhadap tingkat underpricing penawaran saham pada perusahaan yang melakukan intial public offering di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang melakukan IPO pada tahun 2018-2020 dan ditemukan sebanyak 161 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 131 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel reputasi underwriter berpengaruh negatif signifikan terhadap underpricing, variabel persentase penawaran saham berpengaruh positif signifikan terhadap underpricing, dan variabel financial leverage tidak berpengaruh terhadap underpricing. Dalam penelitian ini variabel bebas yang paling dominan mempengaruhi variabel terikat adalah persentase penawaran saham. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa reputasi underwriter, persentase penawaran saham, dan financial leverage berpengaruh terhadap underpricing sebesar 7,4% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.