PENERAPAN METODE ALGORITMA SHUFFLE RANDOM PADA GAME MATEMATIKA BERBASIS ANDROID
Daftar Isi:
- Penelitian Ini dilatar belakangi oleh covid-19 serta menurunnya minat siswa dalam mempelajari matematika dikarenakan cara pengajaran yang masih menggunakan media cetak, hal tersebut membuat siswa cenderung mengantuk dan malas ketika belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah media pembelajaran matematika dalam bentuk game edukasi, guna menarik minat siswa dalam mempelajari matematika. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan waterfall (pressman 2015) yang dipadukan dengan algoritma Shuffle Random. Dalam penerapannya, metode Waterfall ini memiliki memiliki 5 tahapan yaitu, Communication, Planning, Modelling, Construction, Deployment. Untuk penerapan algoritma Shuffle Random terletak pada soal dimana algoritma tersebut akan mengacak soal yang ada. Hasil dari penelitian aplikasi game edukasi yang berjudul “Penerapan Metode Algoritma Shuffle Random Pada Game Matematika Berbasis Android” berbasis android dapat dimainkan oleh siswa siswi SD Negeri 2 Pekalongan dengan hasil pengujian dari 40 responden 74,06%, ahli materi 90,48%, dan ahli media 95,83%.