PENGARUH KEMAMPUAN PENGINDERAAN PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi Pada Industri Tenun Troso Jepara)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh kinerja pemasaran UMKM Tenun Ikat Troso yang diketahui penyebarnya di Jepara yang semakin meningkat. Industri Tenun ikat menjadi sumber utama masyarakat Jepara dalam memenuhi kebutuhan perekonomian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Kemampuan Penginderaan Pasar, Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran terhadap kinerja pemasaran industri Tenun Ikat di Desa Troso, dengan mengambil sampel responden melalui pelaku usaha sebanyak 88 IKM. Jumlah sampel tersebut diambil menggunakan teknik Proporsional Random Sampling pengambilan secara acak. Variabel Independen penelitian ini adalah Kemampuan Penginderaan Pasar (X1), Orientasi Kewirausahaan (X2), dan Inovasi Produk (X3) serta kinerja pemasaran sebagai Variabel Dependen (Y). Hasil penelitian membuktikan bahwa Variabel Kemampuan Penginderaan Pasar (X1) mempunyai pengaruh terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Tenun Ikat Troso Jepara. Variabel Orientasi Kewirausahaan (X1) tidak mempunyai pengaruh terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Tenun Ikat Troso Jepara. Variabel Inovasi Produk (X1) mempunyai pengaruh terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Tenun Ikat Troso Jepara. Kemampuan Penginderaan Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk berpengaruh secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kinerja Pemasaran, sehingga ketiga variabel independen tersebut dapat digunakan untuk mengestimasi atau memprediksi variabel Kinerja Pemasaran.