PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, INOVASI PRODUK, DAN E-COMMERCE TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi pada Usaha Coffee Shop di Kabupaten Jepara)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan bisnis coffee shop yang semakin pesat, salah satunya di wilayah Kabupaten Jepara. Coffee shop ini merupakan bisnis yang sedang tren di masa sekarang dan sudah menjadi faktor kebutuhan gaya hidup masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan E-commerce terhadap Kinerja Pemasaran studi pada usaha coffee shop di Kabupaten Jepara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik usaha coffee shop di Kabupaten Jepara yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Non Probability Sampling yaitu dengan Accidental Sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 96 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program pengolah data IBM SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan E-commerce secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pemasaran pada usaha coffee shop di Kabupaten Jepara.