PENGARUH LINGKUNGAN, KEPERCAYAAN DAN INOVASI PEMASARAN TERHADAP KINERJA EKSPOR (Studi Pada UKM Furniture Ekspor di Kabupaten Jepara)
Daftar Isi:
- Pasar bebas telah menjadi tujuan strategis di semua usaha bisnis di seluruh dunia. terutama untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan sumber daya terbatas. Usaha Kecil Menengah (UKM) berpotensi menciptakan lapangan kerja, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan daya beli, dan merangsang kegiatan produktif. Potensi UKM ini harus bisa dipertahankan untuk kelangsungan usaha dan peningkatan ekonomi daerah. Perbaikan ekonomi di daerah memiliki peran yang sangat besar bagi kesejahteraan masyarakat. Di sektor furniture Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berorentasi ekspor memiliki peran ekonomi dalam berkontribusi pada produk nasional suatu negara dengan menyediakan barang atau jasa dan berkontribusi pada kinerja ekspor. Beberapa studi terdahulu menunjukkan bahwa kinerja ekspor dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya yaitu lingkungan, kepercayaan dan inovasi pemasran. Atas dasar tersebut, maka peneliti berupaya mengkaji faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja ekspor pada UKM furniture ekspor di Kabupaten Jepara. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan, kepercayaan dan inovasi pemasaran terhadap kinerja ekspor UKM furniture ekspor di Kabupaten Jepara. Subjek penelitian adalah UKM furniture ekspor yang berada di Kabupaten Jepara dengan jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 80 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian hipotesis dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan: (1) Lingkungan berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Ekspor UKM Furniture Ekspor di Kabupaten Jepara (b1 = 0,249 ; sig=0.004); (2) Kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Ekspor UKM Furniture Ekspor di Kabupaten Jepara (b2 = 0,398; sig=0.000); (3) Inovasi Pemasaran berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Ekspor UKM Furniture Ekspor di Kabupaten Jepara (b3 = 0,252; sig=0.003).