Daftar Isi:
  • Kurikulum 2013 bersifat tematik-integratif yang mengambil pokok bahasan pembelajaran berdasarkan tema dengan menggabungkan beberapa pelajaran menjadi satu. Pada pembelajaran kurikulum ini, guru tidak lagi menjadi satu-satunya sumber belajar tetapi menjadi fasilitator belajar yang diminta keluasan berfikirnya dan dituntun responsive terhadap siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android yang dapat digunakan sebagai pendamping materi untuk mempermudah siswa dalam mempelajari materi, dan penerapan algortima fisher yates-shuffle sebagai pemutasi pengacakan soal. Dalam pengembangan sistemnya, peneliti menggunakan metode GRAPPLE (Guidelines for Rapid Application Engginering) yang meliputi 5 tahapan, yaitu Requirement Gathering (Analisis Kebutuhan), Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), dan Deployment (Penyebaran). Aplikasi ini dirancang menggunakan software Construct 2 dengan menerapkan algoritma Fisher Yates Shuffle yang digunakan untuk sistem pengacakan soal yang sulit diprediksi pola keluarnya. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan bahwa soal dalam aplikasi berhasil teracak dalam 5 kali percobaan dari tiap – tiap pemain dengan waktu selama 60 detik, namun terjadi pengulangan dikarenakan indeks dipengaruhi oleh banyaknya data soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media dinyatakan layak berdasarkan validasi ahli media dengan presentase kelayakan 100% dan hasil validasi ahli materi dengan presentase kelayakan 100% dan hasil angket responden dengan presentase sebesar 94,5 %.