Daftar Isi:
  • Pelayanan merupakan bentuk pemberian layanan atau servis yang diberikan kepada pelanggan atau konsumen. Pelayanan ialah usaha melayani kebutuhan orang lain. Berdasarkan hasil observasi peneliti, proses pelayanan surat di Desa masih dilakukan dengan prosedur manual, yaitu masyarakat datang ke Balai Desa bagian pelayanan, kemudian baru menyampaikan tujuan dan keperluannya. Namun, proses ini tentu mengalami kendala, yaitu pelayanan surat menyurat manual sering kehilangan data, Alur proses pembuatan surat cukup lama, dan letak geografis Desa Papasan yang terdapat di daerah pegununga, sehingga proses pelayanan suratnya tidak efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode Rapid Application Development (RAD) berbasis android pada aplikasi pelayanan surat untuk meningkatkan pelayanan surat di Desa Papasan agar lebih efektif dan efisien. Subjek dalam penelitian ini adalah Petinggi, Carik, Admin Pelayanan, dan Masyarakat Desa Papasan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pembuatan aplikasi menggunakan metode Waterfall dengan tahapan analisis, desain, pengkodean, pengujian, penerapan dan pemeliharaan dengan menggunakan bahasa pemrogaman VS Code, serta pemodelan grafis menggunakan Unified Modelling Language (UML) dengan pengujian Black Box Testing, Validasi Ahli Materi dan Media, serta Angket. Hasil pengujian penelitian ini adalah untuk Validator Ahli Media dan Materi sebanyak 94% dan untuk hasil angket dengan responden Masyarakat Umum mendapatkan hasil 95% , yang jika dilihat berdasarkan Indeks Kelayakan, aplikasi ini masuk kategori sangat layak.