ANALISIS PENGARUH HARGA, FASILITAS, PELAYANAN, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA JASA INTERNET (Studi Kasus: Warung Internet Inbox Jepara)

Main Author: ROCHMAH, NAILA
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/464/1/COVER.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/464/2/skripsi%20naila.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/464/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Seiring dengan kemajuan teknologi, penggunaan alat komunikasi beralih dari surat, telepon, hingga menjamurnya berbagai internet. Fungsi Internet antara lain browsing, chatting, searching, dan banyak hal lainnya hingga berkirim surat lewat e-mail dan transaksi-transaksi bisnis dan jual beli secara online. Warung Internet Inbox Jepara merupakan usaha yang bergerak dibidang jasa dengan mengutamakan kepuasan konsumen, selama beberapa bulan data pelanggan konsumen yang ada pada Warnet Inbox Jepara mengalami penurunan, padahal selama ini pihak Warnet Inbox Jepara selalu bersaing dalam hal harga, fasilitas, pelayanan, dan lokasi juga tidak kalah strategis dengan Warnet lain. Oleh karena itu dalam penulisan ini, mengambil judul “Analisis Pengaruh Harga, Fasilitas, Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Internet (Studi Kasus: Warung Internet Inbox Jepara)”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, fasilitas, pelayanan, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pengunjung yang menggunakan jasa internet pada Warung Internet Inbox Jepara sebanyak 50 responden. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Alat analisis yang dipakai yaitu: Analisis Regresi Berganda, Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis. Dari hasil analisis regresi berganda didapat persamaan Y = -1,421 + 0,649 X1 + 0,164 X2 + 0,154 X3 + 0,122 X4. Persamaan tersebut berarti harga, fasilitas, pelayanan, dan lokasi mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Besarnya pengaruh harga, fasilitas, pelayanan, dan lokasi mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen sebesar 62,1%. Hasil penghitungan uji t untuk harga didapat nilai thitung 6,887 > ttabel 1,684 dan tingkat sig. 0,000 < 0,05, jadi harga berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen. Uji t untuk fasilitas didapat nilai thitung 1,710 > ttabel 1,684 dan tingkat sig. 0,094 > 0,05, jadi fasilitas berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen. Uji t untuk pelayanan didapat nilai thitung 1,554 < ttabel 1,684 dan tingkat sig. 0,127 > 0,05, jadi pelayanan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen. Uji t untuk lokasi didapat nilai thitung 1,289 < ttabel 1,684 dan tingkat sig. 0,204 > 0,05, jadi lokasi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil Uji F didapat nilai nilai Fhitung 21,037 > Ftabel 2,61 dan nilai sig. 0,000 < 0,05. Jadi harga, fasilitas, pelayanan, dan lokasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pengguna jasa internet pada Warnet Inbox Jepara.