PENGARUH SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI AYAM GORENG DI WARUNG MAKAN BU IPAH JEPARA

Main Author: AHRIS, MUH .
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/461/1/PENGARUH%20SIKAP%20KONSUMEN%20TERHADAP%20KEPUTUSAN%20MEMBELI%20AYAM%20GORENG%20DI%20WARUNG%20MAKAN%20BU%20IPAH%20JEPARA.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/461/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel sikap konsumen tentang rasa (X 1), suasana (X 2), pelayanan (X 3 ) berpengaruh positif baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan membeli ayam goreng di Warung Makan “Bu Ipah” Jepara. Metode yang digunakan adalah non probability sampling, yaitu accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 91 responden dan metode analisis data yang dipakai yaitu analisis data kualitatif dan analisis kuantitatif menggunakan regresi berganda, koefisien determinasi, Uji F dan Uji t dengan bantuan program SPSS for Windows Ver. 11.5. Hasil analisis data menggunakan penghitungan skor skala likert atas tanggapan responden terhadap variabel sikap konsumen tentang rasa (X 1 ), suasana (X 2), pelayanan (X 3 ) terhadap keputusan membeli ayam goreng di warung makan “Bu Ipah” Jepara (Y) menunjukkan rata-rata skor penilaian di atas 60%, artinya pada level kuat bahkan sebagian sangat kuat, namun untuk variabel X2 perlu ada upaya untuk berbenah disektor kebersihan maupun kenyamanan interior warung. Adapun hasil analisis regresi berganda menunjukkan semua variabel X berpengaruh positif terhadap variabel Y, namun hanya variabel X1.1 yang mempunyai kontribusi paling besar dan dominan (0,955). Hal ini menunjukkan bahwa konsumen tidak terlalu memikirkan hal-hal lain di luar rasa ayam goreng itu sendiri. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa ketiga variabel X mempunyai kontribusi sangat besar terhadap variabel Y, yaitu sebesar 92,6%. Hasil pengujian hipotesis menggunakan Uji F menunjukkan ketiga variabel X secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y (F hitung = 361,943 > F tabel = 2,70). Sedangkan hasil Uji t menunjukkan, dari ketiga variabel X hanya variabel sikap konsumen tentang rasa (X 1.1 ) saja yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y.