PENGARUH LITERASI KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN DAN KEPRIBADIAN TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN PENJUAL ONLINE DI PLATFORM JAKMALL
Daftar Isi:
- Faktor-faktor yang mendasari masalah penelitian ini adalah saat ini e-commerce merupakan model bisnis yang sedang menjamur dan populer dikalangan masyarakat dikarenakan tuntutan tingkat pendapatan penjualan yang tinggi dan pelaku yang semakin konsumtif sehingga tingkat kebutuhan juga semakin tinggi, namun sangat disayangkan tingkat pengetahuan pengelolaan keuangan di Indonesia yang masih terbilang sangat rendah yang berpengaruh terhadap kelangsungan usahanya. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, sikap keuangan, dan kepribadian terhadap pengelolaan keuangan penjual online di platform Jakmall. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan penyebaran kuesioner. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 83 responden, dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive yaitu dengan kriteria : 1) Terdaftar sebagai mitra jakmall. 2) Tergabung di grub telegram penjual. 3) sudah berjalan minimal 1 tahun. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dan diolah menggunakan Statistical For Social Science (SPSS), versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel literasi keuangan dan sikap keuangan berpengaruh positif terhadap pengelolaan keuangan penjual online di platform jakmall, sedangkan variabel kepribadian tidak berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan penjual online di platform jakmall.