PENGARUH SELF EFFICACY, MOTIVASI BELAJAR DAN KOMPETENSI DOSEN TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI
Daftar Isi:
- Tingkat pemahaman akuntansi merupakan hal yang perlu diperhatikan bagi mahasiswa jurusan akuntansi dikarenakan tingkat pemahaman akuntansi berkaitan dengan jurnal, buku besar, peringkasan ke dalam neraca saldo, pembuatan ayat-ayat jurnal penyesuaian dan pembuatan laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Self Efficacy (X1), Motivasi Belajar (X2), dan Kompetensi Dosen (X3), terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Y). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian merupakan data primer yang dikumpulkan melalui survey kuisioner dan data sekunder dari Biro 1 Unisnu Jepara. Populasi penelitian ini adalah 54 mahasiswa aktif program studi S1 Akuntansi Angkatan 2018 dengan metode pengambilan sampel adalah sampling jenuh yang dipilih dan semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi berganda yang diolah dengan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan self efficacy, motivasi belajar dan kompetensi dosen secara bersama-sama berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Pengujian secara parsial menunjukkan bahwa self efficacy berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi, sedangkan motivasi belajar tidak memiliki pengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi, dan kompetensi dosen juga tidak memiliki pengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi.