PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN PELANGGAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN WARNET PIRATA NET DI BAWU
Main Author: | MA’SUMAH, LIFTIFAH ANIS |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/450/1/BAG.%20AWAL.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/450/2/BAB%20LENGKAP.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/450/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan dan Harga Terrhadap Loyalitas Pelanggan Warnet Pirata Net di Bawu, sehingga rumusan masalah adalah bagaimana pengaruh kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan dan harga terhadap loyalitas pengunjung di Warnet Pirata Net di Bawu. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Warnet Pirata Net, dengan sampel menggunakan teknik penentuan sampel nonprobabilita sampel yaitu dengan meneliti sebanyak 40 orang dengan cara insidental sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumental data dengan uji validitas dan uji reliabilitas serta dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah secara parsial (uji t), variabel kualitas pelayanan (x 1), kepuasan pelanggan (x 2) dan harga (x 3) berpengaruh positif terhadap loyalitas pengunjung (y), hal ini ditunjukkan dari hasil uji t yang ternyata nilai koefisien regresi masing-masing variabel 1,780 (x 1), 1,802 (x 2), 1,880 (x 3), lebih besar jika dibandingkan dengan nilai t tabel 1,69, maka t hitung terletak pada penolakan Ho, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi seluruh hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini secara parsial terbukti memiliki pengaruh terhadap variabel loyalitas pelanggan. Secara bersama-sama kualitas pelayanan (x 1),kepuasan pelanggan (x 2) dan harga (x 3) berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan (y). Hal ini dibuktikan dari hasil perbandingan nilai F hitung sebesar 10,635 lebih besar jika dibandingkan dengan F tabel sebesar 2,866, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif antara variabel kualitas pelayanan (x 1), kepuasan pelanggan (x 2) dan harga (x 3) terhadap loyalitas pelanggan. Koefisien korelasi (R) sebesar 0,685 artinya hubungan variabel independen (pelayanan, kepuasan dan harga) secara bersama-sama dengan variabel dependen (loyalitas) sebesar 68,5% sehingga bisa dikatakan hubungannya kuat. Koefisien Determinasi (R square) sebesar 0,470 dan koefisien determinasi disesuaikan (Adjusted R aquare) sebesar 0,426. Artinya kemampuan variabel pelayanan, kepuasan dan harga secara bersama-sama dalam menerapkan variasi perubahan variabel loyali tas sebesar 42,6% sedangkan sisanya 57,4% diterapkan oleh faktor-faktor lain seperti kualitas produk, nilai, kepercayaan, persepsi, citra merek, promosi, dan lain sebagainya.