Daftar Isi:
  • Persepsi bisa diartikan sebagai pandangan atau penilaian yang dilakukan sesorang terhadap suatu objek. Penilaian masing-masing pribadi untuk sebuah objek yang sama bisa jadi berbeda tergantung dari kecakapan dan kepribadian masing-masing. Adanya persepsi tentang suatu obyek yang akan mempengaruhi tindakan yang diambil seseorang dalam menghadapi suatu keadaan. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis pengaruh antara muatan etika dalam pengajaran akuntansi keuangan terhadap persepsi etika mahasiswa dan untuk menganalisis pengaruh antara prestasi mahasiswa terhadap persepsi etika mahasiswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer merupakan data yang diperoleh atau dikumpulkan oleh peneliti secara langsung dari sumber datanya. Sumber data yang ada dalam penelitian ini berasal dari jawaban responden atas kuesioner yang telah dibagikan oleh peneliti. Teknik yang akan digunakan dalam pengumpulan data primer yaitu penyebaran kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi semester 6 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universtitas Nadlatul UlamaJepara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa muatan etika berpengaruh signifikan positif terhadap persepsi etika mahasiswa, prestasi mahasiswa berpengaruh signifikan positif terhadap persepsi etika mahasiswa.