HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU DALAM PENERAPAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 06 MULYOHARJO JEPARA
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh jarangnya guru menerapkan variasi pembelajaran yang beragam, padahal penerapan variasi pembelajaran sangat penting. Guru jarang menggunakan media pembelajaran yang interaktif, sehingga beberapa siswa menjadi mudah bosan saat mengikuti pembelajaran serta kurang termotivasi dan kehilangan fokus belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan keterampilan guru dalam penerapan variasi media pembelajar dengan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 06 Mulyoharo Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pendekatan korelasional. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 06 Mulyoharjo Jepara dengan jumlah siswa 34. Terdapat 2 variabel pada penelitian ini, yaitu variabel independen yaitu keterampilan guru dalam menerapkan variasi media dan variabel dependen hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes berupa soal pilihan ganda, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan bantuan IBM SPSS Statistics 25 yang meliputi uji validalitas, reabilitas, uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji linieritas, sera uji hipotesis berupa uji korelasional. Hasil dari penelitian ini menunjukan keterampilan guru dalam penerapan media pembelajaran dapat dilihat pada saat guru memilih media yang sesuai dengan materi pembelajaran, guru menggunakan media gambar, media video dan media diagram batang. Penerapan media pembelajaran membuat siswa lebih termotivasi mengikuti pelajaran, lebih memahami materi dan pembelajaran menjadi lebih bervariasi. Terdapat hubungan yang positif antara keterampilan menerapkan media pembelajaran dengan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 06 Mulyoharjo dibuktikan dengan hasil uji korelasi product moment yang menunjukan nilai signifikansin sebesar 0,000 < 0,05. Nilai Pearson Correlation 0,74 menunjukan hubungan ini tergolong ke dalam tingkat hubungan yang kuat berdasarkan tabel interpretasi.