PENGARUH MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA NYARING UNTUK PESERTA DIDIK KELAS 1 SDN 01 MEDANI KECAMATAN CLUWAK KABUPATEN PATI
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latar belakangi oleh kesulitan membaca pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini terjadi pada saat pembelajaran daring, dikarenakan guru menyampaikan materi kurang terampil karena belum menggunakan media yang kreatif. Fokus penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca nyaring menggunakan media cerita bergambar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan media cerita bergambar terhadap peningkatan membaca nyaring siswa kelas I SDN 01 Medani. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis pendekatan eksperimen. Penelitian ini dilakukan di kelas I SDN 01 Medani. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan tes. Teknik analisis data menggunakan SPSS V.23yang meliputi uji normalitas, homogenitas dan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan uji normalitas dapat diketahui bahwanilai signifikansi post-test kelas eksperimen adalah 0,102 (Sig= 0,102) dan post-test kelas Kontrol adalah 0,078 (Sig= 0,078). Signifikansi kedua data menunjukkan lebih dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal.