Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: Pertama, Untuk mengetahui bagaimana pengaruh jenjang pendidikan terhadap persepsi pelaku UMKM. Kedua, Untuk mengetahui bagaimana pengaruh skala usaha terhadap persepsi pelaku UMKM. Ketiga, Untuk mengetahui bagaimana pengaruh umur usaha terhadap persepsi pelaku UMKM. Keempat, Untuk mengetahui bagaimana pengaruh informasi dan sosialisasi terhadap persepsi pelaku UMKM. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah yaitu pelaku UMKM khususnya pemilik dari UMKM binaan dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kudus di wilayah kecamatan kaliwungu Tahun 2021. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda dengan bantuan program olah data SPSS. Hasil penelitian ini adalah 1) jenjang pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi pelaku UMKM, 2) skala usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi pelaku UMKM, 3) umur usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi pelaku UMKM, 4) pemberian informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi pelaku UMKM.