PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 3 MANTINGAN
Daftar Isi:
- Pembelajaran dapat diartikan sebagai proses sosialisasi individu siswa dengan lingkungan sekolah, seperti guru, sumber belajar, dan teman sesama siswa. Hasil belajar mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena hasil belajar dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk mengetahui seberapa jauh perubahan pada diri siswa setelah menerima pengalaman belajarnya yang dapat diamati dan diukur dalam bentuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika yang masih di bawah KKM yang ditetapkan sekolah yaitu ≥ 70. Hal ini dikarenakan kurangnya minat siswa dalam mempelajari mata pelajaran matematika utamanya pada bilangan pecahan. Fokus penelitian ini pada hasil belajar kognitif siswa dengan memberikan Reward dan punishment. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh penggunaan punishment dan reward terhadap hasil belajar matematika kelas V SDN 03 Mantingan Jepara tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 03 Mantingan Jepara dengan subjek/populasi dalam penelitian berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanan selama 3 kali pertemuan. Terdapat 2 jenis variabel dalam penelitian ini yaitu variabel dependen dan independen. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa, sedangkan variabel independennya adalah reward dan punishment. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal pilihan ganda. Instrumen penlitian yang digunakan yaitu soal pretest dan posttest yang berjumlah 20 butir. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 25.0 yang meliputi uji validias dan reliabilitas, uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil belajar siswa pada saat pretest menunjukkan nilai rerata sebesar 62,14 sedangkan, saat posttest hasil nilai rerata yang diperoleh siswa sebesar 66,75. Kenaikan hasil belajar pretest dengan posttest sebesar 4,61. Perbedaan ini diperkuat dengan uji-t diperoleh nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,005 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Punishment dan reward terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.