PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS POWTOON PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 03 MENGANTI
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 03 Menganti. Berdasarkan hasil pra penelitian melalui wawancara dengan guru kelas V, diketahui bahwa hasil belajar IPA kurang maksimal yang disebabkan karena keterbatasan media. Sehingga, diperlukan media pembelajaran yang inovatif dan menarik agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 03 Menganti, dalam mempelajari materi ekosistem. Tujuan penelitian yaitu untuk analisis kebutuhan guru dan siswa, mengetahui pengembangan, kelayakan, dan efektivitas media berbasis powtoon pada materi ekosistem untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 03 Menganti. Jenis Penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) menggunakan pengembangan Sugiyono. Prosedur penelitian meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desainI, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan produksi massal. Data penelitian diperoleh menggunakan wawancara, kuesioner atau angket kebutuhan siswa dan guru, angket validator, angket respon siswa, serta pretest dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video pembelajaran berbasis powtoon pada materi ekosistem dinyatakan layak oleh ahli media 85% dengan kriteria sangat layak, ahli materi 85% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Ttest (Paired Samples Test) dengan bantuan program SPSS, pada output diketahui Sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar IPA sebelum dan sesudah menggunakan media video pembelajaran berbasis powtoon. Kesimpulannya media video pembelajaran berbasis powtoon pada materi ekosistem yang dikembangkan, layak dan efektif dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 03 Menganti.