PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN 1 TELUKWETAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Telukwetan setel diterapkan model kooperatif tipe Student Teams Acievement Division (STAD) berbatuan media manipulatif pada kelas tematik. (2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Acievement Division (STAD) berbatuan media manipulatif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Telukwetan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Telukwetan. Desain penelitian ini adalah Pre- Experimental Design menggunakan jenis Intact Group Comparison. Dua sampel peneitian ini yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. analisis nilai posttest menggunakan ui-t. Hasil uji-t menunjukkan perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi disbanding hasil belajar kelas kontrol. Hasil uji-t yang menunjukkan t-hitung>t-tabel. yakni 4,641>1,706 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan perbandingan rata-rata nilai kelas eksperimen 82,46 sedangkan kelas kontrol 57,85. Penerapan model pembelajaran STAD berbantuan media manipulatif membuat siswa lebih termotivasi dan lebih aktif dalam pembelajaran, sehingga model pembelajaran STAD berbantuan media manipulatif berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Telukwetan.