Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa yang disebsbkan oleh dua faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal siswa. Faktor internal siswa meliputi minat belajar yang rendah dan faktor eksternal siswa yakni faktor kelurarga. Faktor keluarga dapat mempengaruhi prestasi belajar anak karna banyak orang tua beranggapan bahwa jika anak sudah masuk dunia pendidikan maka pendidikan tersebut adalah urusan guru. Sehingga orang tua tidak memperhatikan kesulitan yang anak hadapi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui minat belajar terhadap prestasi belajar matematika kelas V SD Negeri 02 Rengging Pecangaan Jepara. (2) untuk mengetahui perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika kelas V SD Negeri 02 Rengging Pecangaan Jepara. (3) untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika kelas V SD Negeri 02 Rengging Pecangaan Jepara. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif dengan uji statistik. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi yang didahului dengan uji prasyarat analisis data yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji linearitas. Hasil analisis data diperoleh persamaan Y = -52.073 + 0.541X_1 + 0.227X_2. dapat dikatakan bahwa: (1) ada minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini berdasarkan hasil uji t bahwa variabel minat belajar memiliki nilai Sig. sebesar 0.000, nilai tersebut lebih kecil dari signifikasi 0.05. Hasil uji t kedua variabel perhatian orang tua memiliki nilai Sig. sebesar 0.002. Nilai tersebut lebih kecil dari signifikasi 0.05. Dapat dilihat ada perhatian orang tua terhadap variabel prestasi belajar matematika. Hasil uji F nilai signifikasi sebesar 0.000 < 0.05. Dapat diartikan bahwa variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen sesuai dengan keputusan uji F. Jika nilai Sig. < 0.05, maka variabel independen berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh minat belajar siswa dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika kelas V SD Negeri 02 Rengging Pecangaan Jepara.